Khasiat Air Bersih

5 Khasiat Air Bersih Bagi Kehidupan

Air bersih ialah salah satu kebutuhan dasar yang sangat berarti untuk kehidupan sehari- hari manusia. Khasiat air berih sangat berarti untuk manusia. Bayangkan, manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 3 hari ataupun lebih, tetapi manusia tidak bakal bertahan hidup tanpa air maksimal 3 hari, loh!

Baca Juga : 4 Manfaat Air Dingin Untuk Tubuh

Tetapi ada bermacam khasiat air bersih selain jadi minuman hidrasi manusia. Apa sih yang dapat diucap air bersih serta apa saja khasiat air bersih? Ayo, ikuti ulasannya!

Pengertian Air Bersih

Air bersih merupakan sumber energi air yang berkualitas baik serta tidak memunculkan permasalahan ketika digunakan manusia dalam kehidupan tiap hari. Air bersih wajib layak pakai serta layak guna oleh manusia dalam bermacam kegiatan. Artinya, air bersih merupakan air yang tidak terkontaminasi zat beresiko ataupun tercemar. Ada 3 parameter air bersih yaitu fisik, kimia, serta mikrobiologi. Lebih lanjut menurut World Health Organization( WHO), ada 7 ciri- ciri air bersih, yakni:

  • Air tidak berwarna serta cenderung jernih
  • Air tidak mempunyai rasa
  • Air tidak berbau
  • Air tidak menimbulkan rasa lengket sehabis digunakan
  • Air mempunyai pH Netral
  • Air tidak mengandung bakteri
  • Air tidak mengandung kotoran semacam debu, pasir, tanah, ataupun sedimen serta zat lainnya

Tidak hanya memperhitungkan kebersihan air bersumber pada visualisasi serta perabaan, kamu juga bisa melakukan uji pH serta muatan air pada laboratorium kesehatan yang bersedia.

Khasiat Air selaku Hidrasi serta Menjaga Kesehatan Tubuh

Air ialah zat yang sangat diperlukan oleh badan, sebab air merupakan komposisi utama dalam tubuh manusia. Tubuh manusia memiliki sekitar 50 sampai 80% kandungan air sesuai dengan umur. Maka, tubuh manusia wajib memenuhi konsumsi cairan yang cukup tiap harinya sekitar 1, 5– 2 liter per hari.

Baca Juga : Cara Paling Sederhana untuk Membuat Work Life Balance

Apabila kekurangan asupan cairan, tubuh manusia bisa mengalami gangguan kesehatan mulai dari kehilangan konsentrasi sampai menyusutnya tensi.

Khasiat Air buat Sanitasi serta Higienitas Tubuh

Tidak hanya jadi konsumsi cairan, air juga membantu melindungi sanitasi serta higienitas badan. Air ialah zat utama yang digunakan dalam MCK atau Mandi Cuci Kakus. Dengan air, manusia bisa mensterilkan tubuh dari kotoran ataupun debu yang sekiranya mencemari badan.

Khasiat Air buat Ekosistem serta Kebersihan Lingkungan

Air juga jadi salah satu zat yang sangat penting dalam melindungi penyeimbang ekosistem lingkungan, sebab merupakan kebutuhan dasar untuk makhluk hidup lain tidak hanya manusia. Tidak hanya itu, air juga bisa digunakan buat mensterilkan area sekitar, semacam buat mengepel lantai serta menyiram debu di jalur.

Air buat Memasak

Tidak hanya diminum secara langsung, air pula bermanfaat buat mensterilkan bahan makanan lain. Air juga bisa jadi salah satu bahan dasar masak.

Baca Juga : Motivasi Kerja untuk Kamu yang Sedang Lelah

Air buat Irigasi Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris ataupun negara yang tergantung pada zona pertanian, perkebunan, serta bercocok tanam. Air jadi salah satu aspek pendukung pertanian sebab membantu melindungi kesuburan tanah serta kualitas tanaman. Maka, irigasi ataupun perairan perkebunan jadi salah satu fungsi berarti air.