Kalimat Topik

Cara Mudah Menentukan Kalimat Topik

Paragraf merupakan suatu kumpulan atau kesatuan pikiran yang lebih tinggi serta lebih luas daripada kalimat. Atau definisi paragraf adalah bagian yang berasal dari suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat, yang isinya mengungkapkan satuan informasi atau kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan juga pikiran-pikiran penjelas sebagai pendukungnya.

Baca Juga : Bingung Menentukan Judul Skripsi ? Ini Dia Caranya!

Paragraf dapat terdiri dari satu kalimat  atau kumpulan kalimat . akan tetapi kalimat yang berhubungan antara yang satu dan yang lain dalam suatu rangkaian yang membentuk suatu kalimat, dan dapat disebut juga dengan penuangan ide dari penulis melalui kalimat atau kumpulan kalimat yang satu dengan yang lainnya, yang berkaitan dan juga hanya memiliki satu tema . Paragraf juga dapat di sebut sebagai karangan yang singkat. Adapun fungsi paragraf adalah sebagai berikut:

  1. Mengekspresikan gagasan yang tertulis dengan memberikan bentuk suatu pikiran dan juga perasaan ke dalam serangkaian kalimat yang tersusun secara logis dalam suatu kesatuan.
  2. Menandai peralihan gagasan baru bagi karangan yang terdiri dari beberapa paragraf.
  3. Memudahkan pengorganisasian gagasan bagi yang menulis dan memudahkan pemahaman bagi yang membacanya.
  4. Memudahkan pengembangan topik karangan kedalam satuan unit pikiran yang lebih kecil
  5. Memudahkan pengendalian variabel terutama pada karangan yang terdiri dari beberapa variabel.

Pengertian Topik

Topik berasal dari bahasa yunani ’topoi’ yang berarti tempat, dalam tulisan menulis. Topik merupakan suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel. Apabila topik yang kita bicarakan hanya satu masalah saja, maka itu topik tunggal. Tetapi jika masalahnya berkembang kepada masalah lain, maka topiknya menjadi banyak . topik itu disebut multitopik atau topik ganda.

Pengertian Kalimat Topik

Kalimat topik merupakan kalimat yang mengungkapkan gagasan pokok/utama mengenai topik yang akan di kembangkan dalam paragraf. Menurut reid (1994:12) memperkenalkan pembaca tentang topic dalam paragraf. menyatakan ide pokok dalam paragraf , dan merupakan focus paragraf.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mudah Membuat Absensi Online Untuk Siswa!

Ciri-ciri

  1. Biasanya diletakkan pada awal paragraf , tapi biasanya juga di akhir paragraf.
  2. Suatu kalimat berisikan kalimat utama ditandai oleh kata-kata kunci.
  3. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat penjelas.

Menentukan Topik , Kalimat Topik Dalam Paragraf

  1. Menentukan topik dengan cara : mengamati berbagai fenomena dan gejalanya, mengumpulkan sub-sub topik dari bahasan yang diamati , mencari aspek yang pas seperti dari narasumber dan tempat yang diamati.
  2. Menentukan kalimat topik dengan cara : kalimat topik harus mengandung dua unsur pokok , yaitu topik dan pembatas.