Apa itu Cloud Computing

Mengenal Apa itu Cloud Computing ?

Mungkin kalian sering mendengar istilah cloud computing, terutama bagi kalian yang menggeluti bidang IT akan sering mendengar istilah tersebut. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu cloud computing, apa saja fungsi dan bagaimana cara kerja Cloud Computing dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Pengertian Internet, Sejarah, Serta Fasilitas didalamnya

Secara sederhana cloud computing dapat dijelaskan sebagai sebuah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Contohnya saja ketika kalian ingin menyimpan dan mengakses sebuah file di Google Drive, hal tersebut dapat kalian lakukan karena Google Drive menerapkan teknologi cloud computing.

Tidak hanya itu, pada penerapannya, cloud computing hanya membutuhkan jaringan internet dikarenakan cloud computing memiliki server yang terpusat. Untuk lebih mengetahui apa itu cloud computing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja fungsinya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Cloud Computing

Sebelum kalian mengetahui cara kerja dan fungsi cloud computing  ada baiknya kali mengetahui terlebih dahulu apa itu cloud computing.

Cloud computing  bila diartikan secara harfiah berarti ‘komputasi awan’ yang berarti sebuah proses komputerisasi sebuah teknologi yang berbasis internet. Dimana sistem ini sangat memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data secara virtual dari server jarak jauh. Selain itu para penggunanya juga dapat mengaksesnya asalkan mereka memiliki sambungan jaringan internet.

Cloud Computing juga merupakan teknologi yang menjadikan jaringan internet sebagai pusat server dalam mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Berkat hal tersebut para penggunanya dapat menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui jaringan internet.

Baca Juga : Cara Kerja DNS Pada Jaringan Komputer

Selain itu, teknologi cloud computing ini juga mengedepankan kenyamanan dan kemudahan bagi para penggunanya. Hal lain yang terpenting adalah pengguna tidak lagi memerlukan penyimpanan dengan kapasitas yang besar untuk media penyimpanan data-data, karena semua data yang sudah tersimpan dalam storage cloud yang dapat disesuaikan kapasitasnya sesuai kebutuhan. Sistem storage cloud ini juga beroperasi secara online, sehingga lebih mudah dalam mengakses data-datanya.

Cara Kerja Cloud Computing

Sebenarnya cloud computing  memiliki beberapa varian yang mana semua varian tersebut memiliki 2 faktor yang secara umum sama, yaitu data center yang berada di luar dan harus memiliki internet untuk mengaksesnya. Sumber daya pada server dalam data center ini yang dikumpulkan untuk membuat platform yang sangat besar agar siap menampung layanan virtual.

Sumber daya yang dikumpulkan ini diatur agar bisa fleksibel, sehingga para penggunanya bisa mengakses lebih banyak ruang penyimpanan jika diperlukan. Demikian pula dengan sumber daya yang sedang tidak digunakan, ini akan dilepas kembali ke cloud jika memang sudah tidak lagi dibutuhkan.

Penggunaan sumber daya berbasis on-demand ini menawarkan skalabilitas dan fleksibilitas yang hampir tidak terbatas. Pasalnya, kebutuhan kalian akan cloud computing pasti akan berubah-ubah atau dinamis.

Fungsi Cloud Computing

Dalam kehidupan sehari-hari kalian pasti sering melihat ada banyak sekali komputer yang digunakan untuk menjalankan sebuah perusahaan. Dengan jumlah penggunaan komputer yang semakin meningkat, menyebabkan pengguna harus menggunakan media penyimpanan yang lebih besar lagi dan menjadi prioritas di segala bidang. Terutama pada sektor bisnis yang memerlukan teknologi yang berkapasitas tinggi. Hal ini lah menyebabkan cloud computing menjadi sebuah solusi dari permasalahan ini karena merupakan teknologinya yang bagus dan murah.

Baca Juga : Apa itu Komunikasi Dalam Jaringan ?

Selain murah, cloud computing juga memiliki media penyimpanan, fleksibel dan efisien untuk diterapkan dalam sektor bisnis apapun. Dengan adanya peningkatan jumlah pemakaian komputer dan para pengguna seluler, pastinya penyimpanan data atau data storage telah menjadi prioritas di hampir segala bidang bisnis. Baik itu bisnis dengan skala besar maupun skala kecil saat ini sangat berkembang dengan data sebagai pusatnya.

Mereka biasanya menghabiskan sejumlah besar uang demi mempertahankan data yang berharga tersebut. Cloud computing ini dapat digunakan oleh pengguna karena tidak harus menggunakan banyak aplikasi melainkan pengguna harus bisa menjalankan software interface dari cloud computing, misalnya browser web. Hal ini dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan IT secara otomatis dengan jaringan Cloud yang cepat tanggap.

Dari sisi Perusahaan juga memiliki keuntungan yang sama, dalam penggunaan Cloud Computing penerapan ini contohnya Gmail, Hotmail, Yahoo, Google Drive bahkan sudah didukung teknologi ini. Saat proses mengakses layanan email ini, anda akan menyimpan informasi di server cloud.