Air Dingin

4 Manfaat Air Dingin Untuk Tubuh

Air Dingin kerap dihindari sebab dianggap tidak sehat serta dapat menimbulkan penyakit, seperti batuk serta pilek. Hal ini diakibatkan karna suhunya yang rendah sehingga terasa dingin, ataupun higienitas es batu yang kerap dipertanyakan.

Baca Juga: Cara Paling Sederhana untuk Membuat Work Life Balance

Banyak orang yang memilih mengkonsumsi air hangat ataupun air dengan suhu normal yang dianggap lebih sehat serta aman. Tetapi, air es ataupun air dingin sesungguhnya mempunyai beberapa manfaat yang baik buat kesehatan, loh!

Berapa Suhu Air yang Pas?

Menurut pakar gizi, temperatur air sesungguhnya tidak jadi acuan utama, sebab yang mesti diutamakan yaitu mencukupi kebutuhan asupan cairan. Tiap harinya, manusia wajib memenuhi kebutuhan cairan kurang lebih 1, 5- 2 Liter.

Sepanjang asupan cairan terpenuhi, maka suhu air tidak jadi permasalahan, asalkan disesuaikan dengan keadaan sekitar. Ini karena perbandingan temperatur air memanglah mempunyai dampak yang berbeda terhadap suhu tubuh. Misalnya, kala cuaca sedang dingin serta bersuhu rendah, pasti lebih aman mengkonsumsi minuman yang bersuhu hangat sebab bakal menaikkan suhu tubuh.

Lalu, apa saja manfaat air es untuk kesehatan?

Air Dingin untuk Menghindari Heat Stroke

Heat Stroke ataupun Serangan Panas merupakan ketika tubuh tidak bisa mengendalikan temperatur tubuh sebab kenaikan suhu. Ketika mengalami serangan panas, suhu badan bisa bertambah secara mendadak yang menimbulkan pusing, kulit memerah, mual, kram apalagi sampai jantung berdebar serta pingsan.

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill

Manusia bisa mengalami heat stroke apabila badan tidak mengalami suhu tinggi dengan baik. Buat mengurangi ataupun menghindari heat stroke, disarankan minum air es ataupun air dingin dikala musim panas ataupun cuaca dengan suhu tinggi.

Air Dingin buat Menyegarkan Badan sehabis Berolahraga atau Kegiatan Berat

Salah satu khasiat air es merupakan efeknya yang menyegarkan. Tidak hanya diminum dikala cuaca panas, air es juga disarankan buat diminum sehabis olahraga ataupun melaksanakan kegiatan berat.

Berolahraga ataupun kegiatan berat meningkatkan suhu tubuh serta membuat tubuh berkeringat sebab pembakaran tenaga yang lebih banyak daripada kegiatan biasa. Keringat serta pembakaran kalori yang lebih banyak juga bisa menimbulkan kehilangan cairan tubuh sebab terbuangnya cairan. Air es bisa menolong menghidrasi badan serta mengurangi imbas kenaikan temperatur tubuh sehabis kegiatan berat.

Menurunkan Berat Badan

Air es bisa mengurangi berat badan sebab tubuh otomatis akan berupaya menghangatkan air yang diminum. Hal ini menimbulkan pembakaran kalori buat mendukung proses metabolisme tubuh.

Baca Juga: Motivasi Kerja untuk Kamu yang Sedang Lelah

Sehingga, disarankan buat minum air es saat sebelum makan supaya bisa menolong menurunkan berat badan.

Meredakan Nyeri Otot, Demam, serta Rasa Sakit

Manfaat air dingin yang lain yakni meredakan nyeri otot, demam, ataupun rasa sakit yang lain. Triknya adalah dengan membuat kompres dari air yang telah dibasahi dengan air es.

Air es bisa kurangi inflamasi yang terjadi akibat nyeri otot, sehingga sering jadi pertolongan pertama pada cedera otot maupun rasa sakit akibat inflamasi. Tidak hanya itu, air dingin juga bisa menurunkan temperatur tubuh sehingga kompres dingin jadi pertolongan pertama ketika demam.