Apa itu Internship

Apa itu Internship ? Dan Apa Manfaatnya ?

Mungkin kamu pernah mendengar kata internship atau mungkin kamu tidak mengetahui apa itu internship ?  Kata internship bila di artikan ke dalam bahasa indonesia yang berarti magang. Sebagian orang memang lebih mengenal istilah kata magang dibandingkan dengan internship.

Kegiatan internship atau magang ini sangat menguntungkan lho, apa lagi bagi kamu yang sedang duduk di bangku kuliah ataupun yang sudah lulus atau yang dikenal dengan istilah fresh graduate.  Hal ini dikarenakan internship atau magang itu dapat menambah pengalaman mu dalam dunia kerja.  Jadi nantinya ketika kamu mencari pekerjaan kamu sudah lebih siap karena sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.

Baca Juga : Bingung Menentukan Judul Skripsi ? Ini Dia Caranya!

Gak sampai situ aja lho keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dapat dari kegiatan internship ini. Masih ada beberapa manfaat yang bisa menunjang karirmu di masa depan. Berikut ini beberapa manfaat dari kegiatan internship.

Apa itu Internship ?

Sebelum mengetahui manfaat dari program internship, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu internship. Internship merupakan program pelatihan kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada seseorang di mana mereka akan dibimbing sehingga bisa meningkatkan keahlian tertentu di dunia kerja.

Program internship ini biasanya disiapkan oleh perusahaan biasanya karena ada sebuah proyek yang dikerjakan oleh perusahaan ataupun ada karyawan perusahaan yang sedang vacant atau juga memang perusahaan sedang butuh tenaga kerja tambahan. Selain itu lingkup kerja peserta internship juga dibatasi.

Dengan mengadakan program internship perusahaan mendapatkan keuntungan dengan didapatkannya tenaga kerja baru dan peserta internship mendapatkan pengalaman bekerja, dan manfaat lainnya serta kesempatan untuk menambah data pengalaman kerja pada curriculum vitae. Program internship juga ada macam ragamnya, tergantung dari perusahaan yang mengadakan program tersebut. Program internship kebanyakan memberikan gaji kepada para pesertanya, namun tidak sedikit juga yang tidak memberikan gaji (biasanya lebih disebut sebagai program volunteer).

Manfaat dari Program Internship

Selain mendapatkan pengalaman kerja, kamu juga masih bisa mendapatkan manfaat yang lainnya dari program internship lho. Berikut ini beberapa manfaat dari program internship yang bisa kamu dapatkan.

Menambah pengalaman kerja untuk melengkapi CV

Manfaat yang paling terlihat pastinya adalah pengalaman kerja yang nantinya kamu dapat tambahkan di CV. Tidak bisa dipungkiri bahwa CV dengan pengalaman kerja yang menarik akan lebih dilihat oleh recruiter atau perusahaan dibanding dengan CV yang tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali. Karena, tidak semua orang dapat memiliki kesempatan internship. Jadi, jika kamu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program internship dan telah menyelesaikannya, kelak ketika kamu akan melamar kerja, kamu akan mempunyai kesempatan yang lebih tinggi untuk diundang wawancara kerja.

Baca Juga : Cara Mudah Menentukan Kalimat Topik

Menambah kenalan atau relasi kerja

Sebuah relasi kerja di dunia kerja merupakan salah satu hal yang paling berharga yang bisa berperan dalam karier seseorang. Memiliki relasi yang terbentuk dengan berbagai orang yang profesional di bidangnya ini memiliki peran yang sangat penting agar dapat membantumu untuk mewujudkan cita-citamu, lho.

Dengan kamu mengikuti program internship kamu berkesempatan untuk menggapai karir mu tanpa harus bersusah payah untuk melamar pekerjaan. Hal tersebut disebabkan karena ketika kamu memiliki prestasi dan kinerja yang baik ketika magang, maka tidak menutup kemungkinan kalau kamu dapat direkrut sebagai pegawai tetap nih, kerabat pemikir.

Mengasah keahlian berkomunikasi

Dalam dunia kerja, komunikasi merupakan salah satu hal yang cukup penting. Bagaimana berkomunikasi yang baik dengan atasan, bawahan atau rekan sejawat, hal itu ini diperlukan agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman.

Dengan kamu mengikuti program internship, secara tidak langsung keahlian komunikasi mu juga akan terasah lho. Sebab, setiap perusahaan memiliki lingkungan yang berbeda-beda dan membuat mu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada. Selain itu dengan memiliki keahlian komunikasi yang baik, itu dapat menjadi bekal untuk memasuki jenjang berikutnya yaitu menjadi seorang karyawan tetap di dunia kerja.

Dapat mempraktekkan ilmu yang sudah didapat selama kuliah

Internship atau magang merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi kamu yang menjalaninya untuk benar-benar mempraktekkan semua ilmu yang di dapat semasa kuliah. Terutama bila bidang kerjanya sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Di sini, kamu akan mendapatkan banyak kesempatan untuk belajar ataupun mempraktekkan ilmu yang sudah kamu dapatkan saat kuliah.

Baca Juga : Etika Dalam Dunia Teknologi Informasi

Kesempatan untuk menjadi karyawan tetap

Manfaat terakhir bagi peserta internship atau magang adalah terbukanya peluang untuk bekerja langsung di perusahaan tempat ia magang. Tentunya kesempatan ini bisa diraih dengan catatan performa kerjanya sudah memuaskan bagi timnya berdasarkan penilaian atasan dan semua pihak yang terkait dalam perusahaan.

Karena pada dasarnya, tidak sedikit perusahaan yang membuka kesempatan bagi para peserta internship untuk bisa diangkat menjadi karyawan. Program internship juga menjadi salah satu cara perusahaan mencari kandidat karyawan yang memiliki potensi tinggi untuk direkrut oleh perusahaan.

Nah itu tadi penjelasan mengenai apa itu internship dan apa saja manfaat yang didapat. Banyak manfaat bukan dari program internship ini. Dan bagi kamu yang baru ingin memulai program internship semoga setelah membaca penjelasan di atas, kamu jadi semangat untuk mengikuti program internship.