menulis resume di laptop

11 Langkah Praktis Menulis Resume yang Akan Membantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Impian

Membuat resume yang efektif merupakan salah satu cara untuk memperkuat posisi mu saat melamar pekerjaan. Resume yang baik akan membantu mu untuk menarik perhatian perusahaan dan menunjukkan kepada mereka bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar. 

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Fatal Dalam Membuat CV

Namun, menulis resume tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti penyajian informasi yang tepat, pemilihan kata yang tepat, dan penggunaan layout yang menarik. Berikut ini adalah 11 tips yang dapat kamu ikuti untuk menulis resume yang efektif.

Tentukan tujuan

Sebelum mulai menulis resume, pertama-tama kamu perlu menentukan tujuan dari resume tersebut. Apakah kamu akan menggunakan resume tersebut untuk melamar pekerjaan di perusahaan tertentu, atau hanya sebagai dokumen pendukung untuk menunjukkan kepada perusahaan lain bahwa kamu memiliki keahlian dan pengalaman yang sesuai? 

Dengan menentukan tujuan yang jelas, kamu akan lebih mudah menentukan informasi apa saja yang perlu dimasukan ke dalam resume. Ini akan membantu mu fokus pada informasi yang benar-benar penting dan relevan dengan posisi yang dilamar, sehingga resume mu tidak terlalu panjang dan membosankan.

Buat daftar informasi yang akan disertakan

Setelah menentukan tujuan dari resume, selanjutnya kamu perlu membuat daftar informasi yang akan disertakan dalam resume. Informasi yang biasanya disertakan dalam resume meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, email, umur, jenis kelamin, dan informasi pendidikan. 

Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan pengalaman kerja yang relevan, keahlian yang dimiliki, dan penghargaan atau sertifikat yang pernah kamu terima. Pastikan bahwa informasi yang kamu cantumkan sesuai dengan tujuan dari resume mu. Ini akan membantu mu agar tidak ada informasi yang terlupakan untuk di maskukan ke dalam resume.

Pilih format yang sesuai

Setelah membuat daftar informasi yang akan dimasukan dalam resume, selanjutnya kamu perlu memilih format yang sesuai. Ada beberapa pilihan format yang dapat kamu gunakan, seperti format kronologis, fungsional, atau kombinasi keduanya. 

Format kronologis menyajikan informasi dari yang paling baru hingga yang paling lama, sedangkan format fungsional menyajikan informasi berdasarkan keahlian yang dimiliki. Format kombinasi menggabungkan kedua format tersebut. Pilih format yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman mu, sehingga informasi yang disajikan akan lebih mudah dipahami oleh perusahaan.

Gunakan font yang mudah dibaca

Saat menulis resume, font yang kamu gunakan sangat penting. Gunakan font yang mudah dibaca, seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau terlalu besar, karena dapat membuat resume mu sulit dibaca oleh perusahaan. 

Baca Juga: Ini Dia Struktur Makalah Yang Baik dan Benar!

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan ukuran font yang nyaman dilihat, yaitu sekitar 12-14 point. Ini akan membantu perusahaan lebih mudah membaca informasi yang disajikan dalam resume mu.

Gunakan spasi yang tepat

Spasi yang digunakan dalam resume juga penting untuk diperhatikan. Gunakan spasi yang cukup, namun jangan terlalu banyak. Penggunaan spasi yang terlalu banyak dapat membuat resume mu terlihat tidak rapi dan sulit dibaca, sementara penggunaan spasi yang terlalu sedikit dapat membuat informasi yang disajikan terlihat terlalu padat dan sulit dipahami. Gunakan spasi yang tepat untuk memisahkan bagian-bagian dalam resume, seperti nama, alamat, dan informasi lainnya. Ini akan membantu perusahaan lebih mudah memahami informasi yang disajikan dalam resume mu.

Jelaskan pengalaman kerja dan keahlian dengan jelas

Pengalaman kerja dan keahlian yang dimiliki merupakan bagian yang sangat penting dalam resume. Jelaskan pengalaman kerja dan keahlian yang kamu miliki dengan jelas dan terstruktur, sehingga perusahaan akan lebih mudah memahami isi dari resume mu. 

Tuliskan nama perusahaan, posisi yang pernah kamu pegang, dan tanggal kerja di setiap pengalaman kerja yang disajikan. Juga jelaskan keahlian yang kamu miliki secara rinci, seperti kemampuan mengoperasikan software atau bahasa yang kamu kuasai. Ini akan membantu perusahaan lebih mudah memahami keahlian yang kamu miliki dan bagaimana mu dapat membantu perusahaan tersebut.

Gunakan kata-kata yang efektif

Kata-kata yang kamu gunakan dalam resume juga sangat penting. Gunakan kata-kata yang efektif dan sesuai dengan posisi yang dilamar, sehingga perusahaan akan lebih mudah memahami apa yang kamu tawarkan. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu umum atau tidak spesifik, seperti “membantu” atau “membuat”. Sebaliknya, gunakan kata-kata yang spesifik dan menggambarkan apa yang kamu lakukan secara detail, seperti “mengelola” atau “mengoptimalkan”.

Sertakan sertifikat atau penghargaan yang kamu peroleh

Sertifikat atau penghargaan yang kamu peroleh selama karir mu juga dapat menjadi bagian yang penting dalam resume. Sertakan sertifikat atau penghargaan yang kamu peroleh yang relevan dengan posisi yang dilamar, sehingga perusahaan akan lebih mudah memahami bahwa kamu memiliki keahlian dan pengalaman yang sesuai.

Baca Juga: 10 Soft Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

Sertakan informasi kontak yang mudah dihubungi

Pastikan bahwa kamu mencantumkan informasi kontak yang mudah dihubungi dalam resume mu. Sertakan nomor telepon yang aktif dan email yang sering kamu gunakan. Jika kamu memiliki akun LinkedIn atau media sosial lain yang relevan dengan posisi yang dilamar, sertakan juga tautan tersebut dalam resume mu. Ini akan memudahkan perusahaan untuk menghubungi mu jika terdapat pertanyaan atau kebutuhan lain terkait dengan posisi yang kamu lamar.

Periksa kembali resume kamu untuk menghindari kesalahan

Setelah selesai menulis resume, jangan lupa untuk mengecek kembali resume mu untuk menghindari kesalahan. Periksa kembali penggunaan font, spasi, dan tata bahasa yang kamu gunakan. Pastikan bahwa tidak ada kesalahan atau kekurangan informasi yang dapat menurunkan nilai resume mu. 

Selain itu, periksa kembali bahwa informasi yang disajikan dalam resume mu sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai, sehingga perusahaan akan lebih mudah memahami apa yang kamu tawarkan.

Jangan lupa untuk menambahkan foto diri yang profesional

Meskipun tidak selalu diwajibkan, menambahkan foto diri yang profesional dapat menambah nilai resume mu. Pastikan bahwa foto yang kamu gunakan jelas, terang, dan tidak terlalu besar, sehingga tidak akan mengurangi ruang yang tersedia untuk informasi lain dalam resume. 

Selain itu, pastikan juga bahwa foto diri yang kamu gunakan sesuai dengan etika dan tata krama yang berlaku di perusahaan tersebut. Ini akan membantu mu terlihat lebih profesional dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi di mata perusahaan.

Menulis resume yang efektif merupakan salah satu cara terbaik untuk mempresentasikan diri mu kepada perusahaan dan menunjukkan kepada mereka bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk pekerjaan yang kamu lamar. Dengan mengikuti 11 tips yang telah disebutkan di atas, kamu dapat membuat resume yang menarik, terstruktur dengan baik, dan mudah dibaca oleh perekrut.

Selain itu, jangan lupa untuk memperbarui resume mu secara berkala agar tetap relevan dengan kemampuan dan pengalaman kerja terbaru. Jangan ragu untuk meminta bantuan teman atau profesional dalam industri untuk memeriksa dan memberikan masukan pada resume mu. Dengan demikian, kamu akan memiliki resume yang kuat dan membantu mu memperoleh pekerjaan yang diinginkan.