judul skripsi

Bingung Menentukan Judul Skripsi ? Ini Dia Caranya!

Bagi kamu yang sedang menempuh bangku kuliah mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya skripsi bukan. Terutama bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, yang mana kamu pasti sedang berjuang untuk menyelesaikan skripsi tersebut agar bisa mencapai Gelar S1 sesuai bidang keahlian yang kamu ambil.

Sebelum mengerjakan skripsi, kamu sebaiknya sudah menentukan judul skripsi yang akan kamu buat. Setelah itu barulah kamu selanjutnya bisa melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing kamu.

Penentuan judul skripsi sebenarnya sebuah hal yang dapat dikatakan susah-susah gampang dan sangat krusial.  Pasalnya judul tersebut merupakan tahap awal dari proses pembuatan sebuah skripsi dan jika kamu salah memilih judul bisa saja kamu akan kesulitan dalam mengerjakannya. Walaupun terkadang ada beberapa mahasiswa yang mengganti judul skripsinya ditengah jalan tentu hal tersebut pasti merepotkan dan banyak waktu yang akan terbuang sia-sia. Maka dari itu perlu banyak pertimbangan dalam menentukan judul skripsi.

Lalu bagaimana cara agar tidak kesulitan untuk menentukan judul skripsi? Sebenarnya menentukan judul tersebut itu ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel berikut yang membahas tips-tips mencari judul skripsi.

Mencari Referensi Dari Skripsi Kakak Tingkat

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mencari judul skripsi adalah dengan membaca judul dari skripsi-skripsi lama milik kakak tingkat. Dengan kamu membaca skripsi kakak tingkat, maka kamu akan memiliki referensi topik yang akan di buat. Kamu bisa datang ke perpustakaan kampus untuk mencari dan membaca skripsi tersebut.

Untuk mendapatkan ide skripsi dengan cara ini, memang diperlukan banyak membaca skripsi dari kakak tingkat kamu. Semakin banyak skripsi yang kamu baca maka semakin mudah pula kamu menentukan judul skripsi yang akan diambil. Kuncinya adalah jangan pernah kamu untuk   membaca dan pastikan juga untuk mencari sebanyak-banyaknya, tidak hanya satu atau dua referensi saja.

Biasanya skripsi kakak tingkat dari lima tahun yang lalu masih bisa menjadi referensi yang bagus. Selain itu kamu harus ingat untuk tidak meniru semua isinya, yang kamu perlukan hanyalah inspirasi dari skripsi kayak tingkat kamu. Lalu dari inspirasi tersebutlah kamu bisa mengembangkannya menjadi sebuah topik yang baru dan menarik. 

Mencari Referensi Dari Situs Ilmiah

Tips selanjutnya adalah mencari referensi judul skripsi melalui situs-situs ilmiah yang terpercaya. Tak hanya mencari referensi dari skripsi tahun-tahun sebelumnya, kamu juga bisa mencari referensi dari jurnal ilmiah loh. Carilah jurnal ilmiah yang sesuai dengan bidang studi yang kamu ambil.

kamu bisa mengakses situs-situs ilmiah untuk mendapatkan referensi jurnal tersebut, seperti academia dan sebagainya. Pastikan juga bahwa situs yang kamu akses terpercaya kajiannya. Dan tak lupa juga kamu harus menyertakan sumber-sumber tersebut ke dalam daftar referensi pada skripsimu nanti.

Sama seperti saat mencari referensi dari skripsi tahun-tahun sebelumnya. Kamu hanya perlu mengambil poin-poin penting dari jurnal yang sudah kamu kumpulkan. Dan selanjutnya poin-poin tersebut kamu gunakan untuk menemukan ide lainnya yang dapat kamu gunakan menjadi judul skripsi.

Mengetahui Minat

Mengetahui minat adalah salah satu cara untuk mendapatkan judul skripsi yang akan kamu buat loh. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetahui apa yang kamu minati dari jurusan kuliah yang diambil. Setelah mengetahui minat kamu kemana, maka selanjutnya kamu hanya perlu mencari ide dari minat tersebut dan pasti akan mudah.

Contohnya, kamu yang merupakan mahasiswa jurusan sistem komputer dan kamu memiliki minat untuk mengembangkkan sistem keamanan jaringan yang ada pada sebuah perusahaan. Nah, dari minat tersebut kami bisa lebih fokus untuk menekuni bidang tersebut dan kamu juga bisa menentukan judul skripsi dari minat kamu itu.

Diskusi Dengan Kakak Tingkat

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mencari judul skripsi adalah dengan melakukan diskusi dengan kakak tingkat kalian. Kamu bisa mencoba menghubungi kakak tingkat untuk diajak berdiskusi mengenai skripsi. Dengan cara ini pasti kamu akan mendapatkan ide untuk skripsi nantinya.

Karena dengan kalian bertukar pikiran dengan orang lain, kamu bisa melihat hal-hal yang berbeda dan menarik yang bisa kamu angkat menjadi sebuah topik tentunya. Sebaiknya kamu melakukan diskusi dengan kakak tingkat yang sudah selesai mengerjakan skripsi dulu. Jadi dengan begitu kamu akan mendapatkan gambaran dari mereka mengenai skripsi itu seperti apa. Tak hanya itu kamu juga bisa meniru langkah” mereka dalam mencari topik skripsi.

Mengikuti Seminar

Selain berdiskusi dengan kakak tingkat, kamu juga bisa mencari ide dari mengikuti seminar-seminar yang diselenggarakan di kampus. Selain menambah ilmu pengetahuan mu, dengan mengikuti seminar tersebut kamu juga bisa mendapatkan topik menarik yang bisa diangkat menjadi topik skripsi.

Tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba mengikuti setiap seminar yang ada, terutama seminar yang berhubungan dengan minat dan ketertarikan mu. Bila tema skripsimu sesuai dengan bahasan seminar yang diikuti, kamu bisa ikut nimbrung nih sembaring mendengar uraian dari sih pembicara.

Konsultasikan Dengan Dosen Pembimbing

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan judul skripsi adalah dengan melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Mungkin kamu sungkan atau takut dimarahi oleh dosen pembimbing, karena kamu belum memiliki judul skripsi. Pemikiran tersebut perlu kamu buang jauh-jauh, karena sebenarnya fungsi dosen pembimbing salah satunya adalah membantumu untuk menemukan topik dan judul skripsi.

Jadi jangan sungkan dan takut untuk menghubungi dosen pembimbing dan ceritakan apa saja kesulitanmu dalam menentukan topik skripsi tersebut. Nantinya dosen akan memberikan mu arahan agar tidak bingung dalam menentukan judul skripsi yang akan diambil dan cara cepat untuk menyelesaikan skripsi tersebut.

Sulitnya untuk menemukan sebuah  topik skripsi itu adalah hal yang wajar terjadi dan masalah yang sangat lumrah dialami oleh para mahasiswa. Pastinya dosen pembimbing pun memaklumi hal tersebut. Jadi agar kamu makin kesulitan, sebaiknya mulailah mengobrol dengan dosen pembimbing dan selanjutnya kamu bisa berdiskusi tentang topik skripsi yang menarik.

Nah itu tadi 6 cara menentukan judul skripsi  yang bisa kamu gunakan untuk semua jenis jurusan yang ada. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantumu dan kamu tidak pusing lagi menentukan judul skripsi yang akan digunakan. Dan bagi kamu yang sedang mengerjakan skripsi tetap semangat dan jaga kondisi kesehatannya ya.