Surat Lamaran Kerja

Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Contohnya!

Saat ini mencari pekerjaan tidaklah mudah, apalagi ditambah kondisi pandemic yang sangat berdampak pada sektor ekonomi. Banyak perusahaan yang tidak mampu bertahan bahkan harus memberhentikan karyawannya. Namun, buat para job seeker jangan putus asa dulu. Terus coba untuk mengirimkan lamaran kamu ke lowongan-lowongan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan bidang keahlian kamu. Tapi jangan asal kirim berkas tanpa persiapan yang maksimal ya!.

Baca Juga : Bingung Menentukan Judul Skripsi ? Ini Dia Caranya!

Untuk meningkatkan peluang berkas lamaran kamu dilirik HRD, kamu bisa mulai langkah awal dari membuat surat lamaran kerja yang menarik dan informatif. Melalui surat lamaran ini kamu bisa menarik perhatian HRD tempat kamu melamar kerja loh!. Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu poin penting yang bisa menentukan lolos tidaknya kamu ke tahap berikutnya. Jadi kamu harus menulis surat lamaran pekerjaan dengan benar dan efektif supaya peluang diterima di perusahaan yang kamu inginkan semakin besar.

Untuk mengetahui isi surat lamaran kerja dengan lebih jelas. Perhatikan ulasan berikut ini!

FORMAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Ada ketentuan umum mengenai poin-poin yang biasanya dicantumkan pada saat membuat surat lamaran pekerjaan. Struktur penulisan surat lamaran pekerjaan kurang lebih sama dimanapun kamu melalamar pekerjaan. Kemungkinan hanya ada beberapa bagian dari isi surat lamaran pekerjaan yang perlu disesuaikan kembali jika terdapat persyaratan atau ketentuan khusus yang diminta di tempat kamu melamar pekerjaan.

Berikut ini langkah-langkah membuat surat lamaran kerja. Tuliskan poin-poin berikut secara berurutan.

1. Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran pekerjaan

Pada struktur sulat lamaran kerja, hal pertama yang harus kamu tuliskan dengan tepat adalah tempat dan tanggal penulisan surat. Tempat dan tanggal surat ditulis dengan lengkap dan tidak boleh disingkat. Posisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja.

2. Tujuan Surat serta Nama dan Alamat Lengkap Perusahaan

Menulis tujuan surat cukup ditulis Yth. atau yang terhormat, lalu dilanjutkan dengan jabatan penerima surat lamaran kerja. Ada baiknya kamu memastikan dan sudah mengetahui dengan jelas ditujukan kepada siapa surat lamaran kerja kamu tersebut, agar surat lamaran kerja kamu sampai kepada penerima dengan tepat. Hal ini dapat mencerminkan kesungguhan kamu dalam melamar pekerjaan tersebut.  

Baca Juga : Apa itu Internship ? Dan Apa Manfaatnya ?

Setelah menuliskan tujuan surat, tepat dibawah tujuan surat, tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Setelah menulis tujuan dan nama serta alamat perusahaan yang dilamar, sekarang saatnya merancang surat lamaran kerja yang menarik dan informatif. Namun, sebelum memulai membuat bagian isi, sebaiknya Anda menulis salam pembuka. 

Tuliskan salam pembuka seperti ”Dengan hormat,”  karena salam ini bersifat universal dan memang umum digunakan pada setiap penulisan surat lamaran kerja. Setelah menuliskan  salam pembuka, kamu dapat menyampaikan mengenai  sumber informasi lowongan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

4. Data Diri

Selanjutnya , kamu perlu menulis identitas diri. Informasi seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir (TTL), pendidikan terakhir, alamat email, dan nomor HP, E-Mail,dan Pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

5. Pengalaman Kerja, Kelebihan, atau Keahlian Lain

Setelah mencantumkan data diri, kamu dapat menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki. Usahakan merinci skill yang memang relevan terhadap pekerjaan yang kamu lamar agar meningkatkan kemungkinan kamu diperhatikan oleh tim rekrutmen. Namun jika kamu baru selesai menempuh masa pendidikan(fresh-graduate), dan belum pernah bekerja, maka tidak perlu menuliskan pengalaman kamu. 

Baca Juga : Apa Saja Jenjang Karir Business Analyst ?

6. Lampiran pada surat lamaran kerja

Untuk lebih meyakinkan perusahaan tempat kamu melamar, sebaiknya lampirkan  hal-hal yang dapat memberi nilai tambah bagi pelamar. Cantumkan keterangan tambahan pada halaman surat lamaran.

Sebagai bahan pertimbangan, kamu dapat melampirkan :

a. Daftar Riwayat Hidup (CV)

b. Foto copy ijazah S1

c. Foto copy transkrip nilai

d. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

e. Pas photo terbaru

7. Penutup

Tulislah bahwa kamu mempunyai keinginan besar agar diterima di perusahaan tersebut dan ditutup dengan ucapan terima kasih.  Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap kamu bisa posisikan pada sisi sebelah kanan  dibawah kalimat penutup.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Denpasar, 26 Agustus 2021

Perihal: Lamaran Kerja

Yth.
HRD Manager PT Serat Alam Tekstil
Jl. Kunti No. 19, Seminyak, Kuta, Badung.
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di PT Serat Alam Tekstil  yang terpasang pada website lowongan kerja Jobseeker.id, tanggal 10 Agustus 2021, maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai desainer tekstil di perusahaan, yang Bapak/Ibu Pimpin. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                      : Tyana Kamila
Jenis kelamin         : Perempuan
Tempat/tgl lahir    : Denpasar, 11 Maret 1992
Alamat                    : Jl. Drupadi No. 2, Denpasar Timur
Pendidikan             : S-1 Kriya Tekstil, Universitas Seni
Telepon/HP            : 087936100901

Saya berpengalaman di posisi desainer tekstil selama 3 tahun dan cukup memahami mengenai pewarnaan alami dan pembuatan tekstil yang ramah lingkungan.  Saya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto ukuran 3 x 4
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Ijazah terakhir
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi surat pengalaman kerja
  7. Sertifikat

Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

ttd

Tyana Kamila