Perbedaan Statistik dan Statistika

Ini Dia Perbedaan Statistik dan Statistika !

Statistik dan statistika mungkin terdengar seperti hal yang sama, tetapi ada perbedaan yang jelas antara keduanya. Statistik merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, menyajikan, dan menginterpretasikan data. Sedangkan statistika adalah aplikasi dari statistik dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, ilmu politik, dan lainnya. Akan tetapi kedua hal tersebut memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai pengertian serta perbedaan antara statistik dan satatistika.

Baca Juga: Analisis SWOT : Pengertian Serta Manfaatnya

Pengertian Statistik

Statistik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, menyajikan, dan menginterpretasikan data. Statistik menyediakan berbagai teknik dan metode untuk mengumpulkan dan menganalisis data, seperti pengambilan sampel, analisis regresi, dan lainnya. Hasil dari analisis data ini kemudian dapat digunakan untuk membuat kesimpulan dan mengambil keputusan dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, ilmu politik, dan lainnya. Secara umum, statistik bertujuan untuk membantu kita memahami fenomena di dunia nyata dengan menggunakan data yang terukur dan terorganisir.

Pengertian Statistika

Statistika adalah aplikasi dari statistik dalam berbagai bidang. Statistika menggunakan teknik dan metode statistik untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dari suatu bidang tertentu. Hasil dari analisis ini kemudian dapat digunakan untuk membuat kesimpulan dan mengambil keputusan dalam bidang tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Struktur Makalah Yang Baik dan Benar!

Contohnya, seorang ahli ekonomi dapat menggunakan statistika untuk menganalisis data tentang pertumbuhan ekonomi suatu negara dan mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis tersebut. Atau seorang ahli politik dapat menggunakan statistika untuk menganalisis data tentang pemilihan umum dan memprediksi hasil pemilu berdasarkan hasil analisis tersebut.

Secara umum, statistika bertujuan untuk membantu kita memahami fenomena di dunia nyata dengan menggunakan data yang terukur dan terorganisir, dan untuk membuat keputusan yang bijaksana berdasarkan hasil analisis tersebut.

Perbedaan Statistik dan Statistika

Perbedaan utama antara statistik dan statistika adalah bahwa statistik lebih fokus pada pengumpulan dan pengolahan data, sementara statistika lebih fokus pada penggunaan data yang telah diolah untuk membuat kesimpulan dan mengambil keputusan. Statistik menyediakan berbagai teknik dan metode untuk mengumpulkan dan menganalisis data, sementara statistika menggunakan hasil dari analisis tersebut untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang.

Contoh sederhana dari perbedaan antara statistik dan statistika adalah seorang ahli ekonomi yang menggunakan data tentang pertumbuhan ekonomi suatu negara untuk menentukan kebijakan fiskal yang tepat. Dalam hal ini, ahli ekonomi tersebut menggunakan statistika untuk menganalisis data ekonomi dan mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis tersebut. Namun, untuk mengumpulkan dan menganalisis data ekonomi, ahli ekonomi tersebut juga harus menggunakan berbagai teknik dan metode statistik.

Baca Juga: 5 Jenis Penelitian yang Wajib Kamu Tau!

Selain itu, perbedaan lain antara statistik dan statistika adalah bahwa statistik lebih bersifat teoritis, sedangkan statistika lebih bersifat praktis. Statistik mempelajari berbagai teori dan konsep yang mendasari pengumpulan dan pengolahan data, sementara statistika lebih fokus pada penerapan teori dan konsep tersebut dalam konteks yang lebih luas.

Namun, meskipun ada perbedaan antara kedua ilmu tersebut, statistik dan statistika tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Statistik merupakan dasar bagi statistika, dan tidak mungkin menggunakan statistika tanpa menggunakan statistik. Keduanya saling melengkapi dan membutuhkan satu sama lain untuk dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi berbagai bidang.