Membersihkan RAM Laptop

10+ Cara Membersihkan RAM Laptop yang Ampuh!

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen penyimpanan terpenting dalam laptop yang berfungsi menyimpan data secara sementara dan menjalankan sejumlah program. Tempat penyimpanan ini tidak boleh sampai benar-benar penuh. Pasalnya bila sampai penuh akan berdampak buruk yaitu laptop menjadi lemot bahkan bisa sampai hang.

Untuk menghindari penuhnya kapasitas RAM yakni dengan cara membersihkan RAM laptop tersebut. Cara ini tentu akan membantu meningkatkan kembali performa laptop dan membuat RAM tidak cepat penuh seperti sebelumnya.

Sebenarnya, membersihkan RAM laptop itu ada banyak caranya mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Berikut ini 13 cara membersihkan RAM laptop agar performa jadi optimal.

Mengecek RAM laptop

Sebelum membersihkan RAM laptop, ada baiknya kamu melakukan pengecekan kondisi RAM laptop mu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kamu bisa membersihkan RAM laptop secara tepat serta efisien.

Untuk melakukan pengecekan RAM laptop, kamu bisa membuka “Task Manager” terlebih dahulu. Setelah task manager tampil, arahkan mouse pada tab “Performance”.  Pada bagian ini lah kamu akan melihat jumlah dan kapasitas memori RAM laptop.

Lakukan Restart pada Laptop

Selanjutnya adalah cara yang sangat sering digunakan untuk membersihkan RAM laptop yaitu apalagi kalau bukan dengan melakukan restart laptop. Ya, dengan melakukan restart ulang maka RAM laptop mu akan kembali normal seperti semula. Cukup mudah bukan!

Cara ini biasanya dilakukan ketika aplikasi yang sedang kamu jalankan tiba-tiba mengalami not responding atau bisa juga dilakukan ketika kamu merasa laptop mu berjalan semakin lemot.

Perlu diingat, sebelum kamu melakukan restart laptop pastikan seluruh pekerjaan yang kamu lakukan sudah tersimpan! Karena bila kamu langsung restart begitu saja tanpa menyimpannya maka semua itu akan hilang dan kamu bakal kerepotan bila harus mengulang dari awal lagi.

Mematikan proses di Task Manager

Selain melakukan restart, kamu juga bisa mematikan program yang memakan resource RAM  melalui Task Manager.

Dengan cara ini, kamu dapat melihat secara langsung aplikasi mana saja yang menggunakan RAM cukup besar. Bila kamu menemukannya, kamu bisa langsung mematikan aplikasi tersebut dengan melakukan “End task”. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke Task Manager terlebih dahulu. Kemudian pencet tombol “Ctrl + Alt + Delete”. Bisa juga dengan membuka lewat Taskbar Windows kemudian pilih Task Manager atau lewat kolom Search tulis “Task Manager”.
  • End task di Task Manager
  • Jika sudah terbuka, pilih aplikasi atau program yang memakan banyak RAM laptop kemudian “End task”.

Uninstall program yang tidak dibutuhkan

Sebenarnya cara yang dijelaskan sebelumnya hanya bersifat sementara loh! Pasalnya setelah kamu menghidupkan kembali laptop mui, maka aplikasi atau proses yang sebelumnya sudah kamu matikan akan berjalan kembali dan akan membuat RAM penuh lagi.

Bila kamu benar-benar mengalami hal itu, maka kamu perlu melanjutkan pembersihan RAM laptop secara permanen, yaitu dengan cara menguninstall program ataupun aplikasi yang tidak diperlukan.

Kamu dapat menguninstall program tidak penting yang berada di laptop mu. Sebelum menguninstall aplikasi yang ada di laptop, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi tersebut benar-benar tidak penting sehingga tidak akan mengganggu kinerja laptop atau mengganggu pekerjaan mu.

Mematikan program yang berjalan otomatis

Tahukah kamu, ketika laptop dinyalakan ada beberapa program atau aplikasi yang akan berjalan secara otomatis loh! Hal Inilah yang menjadi salah satu penyebab laptop mu lemot lantaran RAM yang digunakan cukup besar.

Kamu bisa mengatasi hal ini dengan menonaktifkan program otomatis tersebut secara langsung. Masuklah pada “Task Manager”, lalu pilih Startup. Kemudian pilihlah aplikasi yang tidak terpakai, lalu klik kanan pada bagian “Status”, dan dilanjutkan dengan memilih “Disable”.

Gunakan aplikasi yang ringan

Bila kamu memang harus mengurangi penggunaan RAM, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi alternatif yang lebih ringan. Karena ada beberapa aplikasi yang memang memerlukan kapasitas RAM cukup besar agar bisa bekerja dengan baik, contohnya Adobe Photoshop, Adobe Premiere dan sejenisnya. Solusinya adalah dengan melakukan substitusi program sejenis seperti Paint, Wondershare Filmora atau aplikasi sejenis yang membutuhkan RAM lebih kecil.

Menambahkan memory virtual

Cara ini merupakan alternatif bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan biaya sepeserpun, yaitu dengan cara menambahkan virtual memory. Menambah memori virtual pada laptop dipercaya dapat membuat laptop mu berjalan lebih stabil dan RAM tidak akan cepat penuh. Secara default Windows sebenarnya sudah melakukan hal ini secara otomatis, akan tetapi kamu juga tetap bisa melakukan penambahan kapasitasnya.

Berikut cara menambah memory virtual Windows :

  • Silahkan masuk pada Control Panel > System and Security.
  • Kemudian pilih menu System > Advanced system settings > Advanced kemudian pilih “Settings” pada sub menu Performance.
  • Pilih menu Advanced < Virtual memory > Change.
  • Hapus centang pada “Automatically manage paging file size for all drives” kemudian pilih “Custom size”.
  • Silahkan masukkan besaran memory kemudian pilih “Set”, jika semuanya sudah silahkan klik “OK” pada bagian bawah.

Pindai Virus/Malware

Mengecek bagian aplikasi sudah, menambah kapasitas memory virtual  sudah, lalu apa lagi langkah berikutnya? Tentu saja cara lain yang bisa kamu lakukan yakni memindai malware dan virus pada laptop.

Bagi kamu yang menggunakan laptop secara rutin, terutama untuk aktifitas download dan upload file di internet, sebaiknya kamu melakukan pemindaian malware dan virus secara berkala. Sebab malware dan virus dapat menyebabkan RAM laptop cepat penuh.

Mengurangi efek visual pada layar laptop

Bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Windows versi Vista ke atas, ada sebuah fitur bernama Visual Effect yang berfungsi untuk memperindah tampilan Windows pada laptop. Selain aplikasi yang berjalan secara otomatis, efek visual ini juga akan membebani RAM laptop mu. Jadi, sebaiknya kamu mengurangi efek visual dengan menghapus beberapa fiturnya.

Memakai aplikasi RAM Cleaner

RAM Cleaner merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengoptimasi kinerja RAM pada laptop dan komputer. Cara kerjanya dengan mematikan aplikasi yang idle atau yang tidak digunakan sehingga resource RAM bisa lebih besar.

Cara ini terbilang cukup efektif dan cepat karena kamu tidak perlu mematikan aplikasi satu per satu. Beberapa aplikasi RAM Cleaner yang bisa kamu coba seperti Ccleaner, Ashampoo Winoptimizer, RAMRush, IObit, Memory Optimizer dan masih banyak lagi.

Bersihkan RAM Laptop

Cara membersihkan RAM ini tidak dilakukan dengan bantuan software lagi, melainkan langsung membersihkan pada hardwarenya.

Bila kamu sudah melakukan berbagai cara membersihkan RAM laptop tetapi hasilnya sama saja, maka bisa jadi masalahnya ada pada bagian hardware yang kotor dan berdebu.

Bila permasalahannya seperti ini, kamu perlu membongkar laptop mu, kemudian copot RAM dan bersihkan dengan penghapus karet pada bagian pin RAM. Membersihkan pin RAM ini bisa kamu lakukan beberapa bulan sekali atau saat laptop sudah terlihat kotor.

Lakukan upgrade RAM

Cara ini bisa kamu lakukan apabila semua cara di atas tidak ada yang mempan sama sekali. Caranya dengan dengan mengupgrade kapasitas RAM menjadi lebih besar. Mengupgrade RAM disini adalah menambahkan Hardware RAM ya, bukannya RAM Virtual! Cara ini merupakan cara yang paling ampuh dibandingkan cara-cara lainnya, walau memang kamu akan mengeluarkan biaya untuk membeli RAM tersebut.

Akan tetapi, cara ini hanya bisa kamu lakukan bila laptopmu mendukung opsi penambahan RAM ataupun penggantian RAM bawaan. Pasalnya ada beberapa jenis laptop yang tidak memiliki opsi upgrade RAM dan RAM bawaannya sudah langsung tertanam pada motherboard.

Bila laptop mu seperti itu, ya solusi satu-satunya adalah mengganti laptop. Kamu bisa memilih Laptop Harga 5 Jutaan Terbaik di 2022 bila keperluanmu hanya sekedar mengerjakan tugas ataupun browsing.

Install Ulang Windows

Bagi kamu yang tidak mau mengganti laptop karena dana yang belum cukup dan hanya mampu membeli RAM, kamu bisa melakukan cara yang satu ini yaitu dengan meng-install ulang Windows. Dengan melakukan ini, kamu dapat mengoptimasi kembali sistem laptop secara total.

Itu tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan RAM laptop. Bila semua cara tersebut sudah kamu lakukan termasuk mengupgrade RAM serta install ulang Windows tetapi tidak ada perubahan, maka solusi terakhir adalah dengan mengganti Hardisk yang kamu gunakan ke SSD!