Dalam melakukan penelitian, salah satu faktor krusial yang harus diperhatikan adalah variabel. Variabel penelitian merupakan elemen penting yang akan menjadi fokus kajian dan menentukan arah penelitian. Dengan memahami variabel secara mendalam, peneliti dapat memastikan bahwa penelitian dilakukan dengan tepat sasaran dan menghasilkan temuan yang akurat serta relevan.
Daftar Isi
TogglePengertian Variabel Penelitian
Menurut Sugiyono dalam bukunya “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D” (2016), variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek, atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Dengan kata lain, variabel adalah konsep yang memiliki variasi nilai dan menjadi pusat perhatian dalam sebuah penelitian.
Jenis-jenis Variabel Penelitian
Untuk membantu peneliti dalam mengidentifikasi dan mengukur variabel dengan tepat, terdapat beberapa jenis variabel yang perlu dipahami. Menurut Creswell (2014) dalam bukunya “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches,” variabel dapat dikategorikan berdasarkan beberapa kriteria, antara lain:
1.Berdasarkan posisi dan fungsi
- Variabel independen (bebas): variabel yang mempengaruhi atau menjadi penyebab perubahan pada variabel lain.
- Variabel dependen (terikat): variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat dari variabel independen.
- Variabel moderator: variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen dan dependen.
- Variabel kontrol: variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan agar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen tidak dipengaruhi faktor lain.
2.Berdasarkan jenis data
- Variabel kuantitatif: variabel yang diukur dengan nilai numerik atau angka.
- Variabel kualitatif: variabel yang diukur dengan kategori atau deskripsi.
3.Berdasarkan skala pengukuran
- Variabel nominal: variabel yang diukur dengan kategori tanpa urutan tertentu.
- Variabel ordinal: variabel yang diukur dengan kategori yang memiliki urutan.
- Variabel interval: variabel yang diukur dengan jarak atau selisih yang sama antara nilai-nilainya.
- Variabel rasio: variabel yang diukur dengan nilai absolut dan memiliki nilai nol mutlak.
Merumuskan Variabel Penelitian
Setelah memahami jenis-jenis variabel, langkah selanjutnya adalah merumuskan variabel yang akan diteliti. Dalam proses ini, peneliti harus mempertimbangkan beberapa faktor penting, seperti yang dijelaskan oleh Fraenkel, Wallen, dan Hyun (2012) dalam bukunya “How to Design and Evaluate Research in Education”:
- Tentukan masalah utama yang akan diteliti dan jadikan sebagai variabel dependen.
- Identifikasi faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi variabel dependen dan jadikan sebagai variabel independen.
- Kaji literatur dan teori yang relevan untuk mendukung pemilihan variabel.
- Pertimbangkan kemampuan untuk mengukur variabel secara akurat dan reliabel.
- Perhatikan keterbatasan sumber daya, waktu, dan konteks penelitian.
Dengan memahami konsep variabel penelitian dan cara merumuskannya, peneliti akan lebih mudah dalam merancang penelitian yang berkualitas dan menghasilkan temuan yang bermanfaat. Selain itu, pemahaman yang baik tentang variabel juga akan membantu dalam menginterpretasikan data dan menarik kesimpulan yang valid.
Kesimpulan
Variabel penelitian adalah elemen kunci yang menentukan arah dan fokus sebuah penelitian. Dengan memahami jenis-jenis variabel dan cara merumuskannya, peneliti dapat merancang penelitian yang lebih tepat sasaran dan menghasilkan temuan yang akurat serta relevan. Pemahaman ini juga membantu dalam menginterpretasikan data dan menarik kesimpulan yang valid, sehingga penelitian dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang terkait.
Sumber:
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
- Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). McGraw-Hill Education.