Struktur Makalah

Ini Dia Struktur Makalah Yang Baik dan Benar!

Membuat makalah merupakan suatu hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Pasalnya dalam pembuatan makalah ada struktur makalah yang harus di ikuti. Selain itu data yang disajikan haruslah sesuai dan benar. Karena pada dasarnya, makalah merupakan karya tulis ilmiah yang dibuat guna menghasilkan sebuah gagasan ataupun penyelesaian dari sebuah masalah tertentu.

Baca Juga: 5 Jenis Penelitian yang Wajib Kamu Tau!

Agar lebih mudah untuk Kamu menulis sebuah makalah, berikut ini penjelasannya serta bagaimana srtuktur dari makalah itu sendiri.

Pengertian Makalah

Menurut salah satu tokoh sastra Indonesia yaitu W. J. S. Poerwadarminta, makalah merupakan penjelasan tertulis yang dikemukakan guna mendapatkan ulasan lebih lanjut terkait sesuatu permasalahan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI), makalah merupakan tulisan formal tentang suatu pokok yang dimaksudkan buat dibaca di muka umum dalam sesuatu persidagan serta yang kerap disusun untuk diterbitkan.

Di samping itu, KBBI juga mengartikan makalah selaku karya tulis pelajar ataupun mahasiswa selaku laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Struktur Makalah

Sesudah mengetahui pengertian tentang makalah, kini saatnya kamu mulai memahami bermacam tahapan dalam membuat makalah. Tetapi, sebelum mengarah ke proses untuk membuat makalah dan ada baiknya kalian mengenali terlebih dulu semacam apa struktur makalah supaya mempermudah kalian dalam penyusunannya nanti.

Sampul Makalah/ Cover

Pada bagina ini biasanya berisi bukti diri penulis, logo, tempat serta tahun terbit. Penulisannya umumnya memakai rata tengah( center).

Kata Pengantar

Untuk bagian ini akan berisi sambutan ataupun perkataan syukur serta terima kasih terhadpa pihak- pihak yang berkontribusi terhadap penyusunan makalah.

Baca Juga: Cara Mudah Menentukan Kalimat Topik

Daftar Isi

Memuat informasi halaman serta judul/ sub judul pada halaman tertentu.

Pendahuluan

Di bagian pendahuluan umumnya terdiri dari 3 sub- bab yakni latar belakang, rumusan permasalahan, serta tujuan.

a. Latar Belakang

Inti dari suatu latar belakang yakni jawaban dari pertanyaan- pertanyaan yang menuju pada pembuatan makalah tersebut, semacam:

  • Kenapa kamu mangulas topik tersebut?
  • Buat apa kamu melaksanakan penelitian tersebut?
  • Apa yang membuat kamu mau menuntaskan permasalahan tersebut?

Latar belakang wajib ditulis dengan jelas dan gampang dipahami. Tidak hanya memuat jawaban dari suatu persoalan, latar belakang juga wajib memuat data- data ataupun fakta- fakta yang menunjang.

b. Rumusan Masalah

Di bagian rumusan permasalahan, kamu dapat mengisinya dengan sebagian pertanyaan- pertanyaan yang nantinya hendak kamu jelaskan di bagian ulasan.

Pertanyaannya tidak perlu begitu banyak, cukup 2 hingga 3 persoalan yang jelas serta menggambarkan hasil“ pengerucutan” dari latar belakang yang kamu tulis lebih dahulu.

c. Tujuan

Sesuai dengan namanya, tujuan ialah bagian yang berisi tentang tujuan dibuatnya makalah tersebut. Tujuan dapat kamu tuliskan secara singkat serta menggambarkan secara jelas apa manfaat dari pembuatan makalah tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Karakteristik Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas !

Pembahasan

Bab ini berisi penjelasan pokok dari kasus yang dibahas dalam makalah yang disesuaikan dengan bab I. Bagian ini umumnya mencakup landasan teori sampai penyelesaian dari sesuatu permasalahan.

Penutup

Bagian penutup umumnya terdiri dari sub- bab kesimpulan serta saran.

a. Kesimpulan

Kesimpulan berisi tentang summary ataupun ringkasan tentang hasil ulasan makalah kamu. Buat menulis bagian ini, kamu dapat menganalisis poin penting pada bagian- bagian sebelumnya buat menciptakan suatu kesimpulan dari kasus yang kamu bahas.

b. Saran

Saran ialah bagian yang diperuntukan kepada pembaca. Saran bisa berisi harapan penulis supaya makalah yang dibuat bisa berguna serta diterapkan oleh pembaca.

Daftar Pustaka

Memuat rujukan yang digunakan selaku sumber ataupun bahan riset dalam penyusunan makalah. Rujukan tersebut bisa berbentuk jurnal, buku, ataupun data serta fakta valid lainnya.

Lampiran( jika ada)

Berisi segala foto/ gambar/ grafik ataupun informasi yang menunjang dalam pembuatan makalah.