Tagihan Air PDAM

Ini 5 Cara Mudah Bayar Tagihan Air PDAM

Pembayaran tagihan air PDAM merupakan salah satu kewajiban setiap rumah tangga yang menggunakan layanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Namun, terkadang banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membayar tagihan air PDAM yang tepat. 

Baca Juga: 11 Langkah Praktis Menulis Resume yang Akan Membantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Impian

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membayar tagihan air PDAM, mulai dari menggunakan mesin bayar tagihan air yang tersedia di berbagai tempat, melalui internet, hingga datang langsung ke kantor pelayanan pembayaran PDAM. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan Anda untuk membayar tagihan air PDAM.

Melalui Aplikasi

Saat ini, banyak PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum yang telah menyediakan atau bekerja sama dengan aplikasi agar pembayaran tagihan air dapat dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini sangat membantu masyarakat yang ingin membayar tagihan air PDAM, karena mereka dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja, hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet.

Salah satu contohnya adalah aplikasi PDAM Info yang telah bekerjasama dengan berbagai PDAM di Indonesia. Aplikasi PDAM Info merupakan inovasi dari Bimasakti Alterra yang mengintegrasikan pelayanan pelanggan PDAM di satu aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan berbagai transaksi dengan PDAM secara mudah, seperti mengecek tagihan, melakukan pembayaran, hingga mengajukan keluhan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi tentang layanan PDAM, seperti lokasi kantor PDAM, cara memasang baru, dan lainnya. Aplikasi PDAM Info dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Melalui Website Resmi PDAM

Selain lewat aplikasi, pembayaran tagihan air PDAM juga bisa dilakukan lewat website resmi PDAM. Cara ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuka website resmi PDAM yang ada di kota Anda, kemudian masuk ke menu pembayaran atau bayar tagihan. Setelah itu, Anda hanya perlu mengisi nomor pelanggan dan jumlah pembayaran yang dibutuhkan, kemudian ikuti instruksi selanjutnya untuk melakukan pembayaran. 

Baca Juga: Manajemen Waktu : Manfaat Serta Panduan Melakukannya

Pembayaran tagihan air PDAM melalui website juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Namun, pastikan Anda hanya membuka website resmi PDAM agar pembayaran yang Anda lakukan aman dan terjamin keamanannya.

Melalui e-Commerce

Cara cek tagihan PDAM juga bisa dilakukan dengan menggunakan e-Commerce, seperti Shopee, Blibli, Tokopedia, dan lainnya. Setiap e-Commerce memiliki caranya masing-masing dalam menyediakan layanan cek tagihan PDAM bagi pelanggannya. Anda bisa mengakses website atau aplikasi e-Commerce tersebut, kemudian masuk ke menu layanan atau fitur cek tagihan PDAM. 

Setelah itu, Anda hanya perlu mengisi nomor pelanggan PDAM yang ingin Anda cek tagihannya, kemudian ikuti instruksi selanjutnya untuk mengetahui jumlah tagihan PDAM yang harus dibayarkan. Cara ini sangat mudah dan praktis, karena Anda tidak perlu keluar rumah atau mengantri di kantor PDAM untuk mengecek tagihan. Namun, pastikan Anda membuka website atau aplikasi e-Commerce yang terpercaya agar tidak terjadi penipuan atau kejahatan cyber.

Melalui ATM

Selain melalui beberapa cara diatas, Anda juga dapat membayar tagihan PDAM melalui ATM. Kini hampir setiap bank, mulai dari Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Mandiri, menyediakan layanan pembayaran via ATM bagi pelanggannya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses ATM terdekat, kemudian masuk ke menu pembayaran atau bayar tagihan. Setelah itu, pilih layanan pembayaran PDAM, kemudian ikuti instruksi selanjutnya untuk melakukan pembayaran. Pembayaran tagihan PDAM melalui ATM juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan Anda memiliki uang tunai yang cukup dan kartu ATM yang masih berlaku.

Baca Juga: 8 Penyebab Turunnya Kepuasan Kerja di Perusahaan

Melalui Mini Market

Cara yang terakhir yang dapat Anda lakukan untuk membayar tagihan air PDAM adalah melalui mini market seperti Indomaret atau Alfamart. Mini market tersebut biasanya sudah bekerjasama dengan PDAM untuk menyediakan layanan pembayaran tagihan air PDAM bagi pelanggannya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi mini market terdekat, kemudian masuk ke counter pembayaran. Setelah itu, beritahukan kepada kasir bahwa Anda ingin melakukan pembayaran tagihan air PDAM, kemudian ikuti instruksi selanjutnya. Pembayaran tagihan air PDAM melalui mini market juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan Anda memiliki uang tunai yang cukup.