Baterai HP cepat Habis

10 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP cepat Habis !

HP sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, tidak hanya untuk pekerjaan tetapi juga sebagai hiburan dan pengingat. Fungsinya sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita. Namun, penggunaan HP yang tidak tepat dapat menyebabkan baterainya cepat habis, yang tentu saja akan mengganggu aktivitas kita. Jika Anda mengalami masalah baterai HP yang cepat habis, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membuat baterai HP Anda kembali normal.

Baca Juga: 8 Solusi Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi !

Kurangi Brightness

Cahaya atau brightness pada layar HP dapat membuat layar terlihat lebih terang. Namun, pencahayaan yang terlalu terang dapat membuat baterai cepat habis karena memakan banyak daya. Mengurangi brightness dapat menambah daya tahan baterai. Dengan mengatur cahaya layar HP sesuai kebutuhan Anda, Anda dapat menghemat daya baterai dan meningkatkan daya tahan baterai.

Gunakan Charger yang Original

Jika HP Anda mengalami suhu yang tinggi atau panas, hal ini dapat menyebabkan baterai cepat habis. Selain itu, HP yang panas juga dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Untuk mencegah baterai android panas, Anda dapat menggunakan charger asli dan sesuai dengan perangkat Anda.

Selain itu, mengisi daya dengan charger yang tidak jelas juga dapat menyebabkan baterai menjadi panas dan rusak. Dengan menggunakan charger yang tepat dan mengisi daya dengan benar, Anda dapat mencegah baterai android panas dan memperpanjang masa pakai baterai.

Jaga Ventilasi

Jika HP Anda diletakkan di tempat yang tertutup, maka udara tidak akan mengalir dengan baik dan menyebabkan HP menjadi panas. Hal ini sering terjadi ketika HP dibawa di saku celana atau di dalam tas. Untuk mencegah ventilasi yang buruk, Anda dapat tidak menggunakan casing.

Biasanya, casing akan menghambat pembuangan panas, sehingga menyebabkan HP menjadi lebih panas daripada tidak menggunakan casing. Dengan tidak menggunakan casing, Anda dapat mencegah HP menjadi panas dan memperpanjang masa pakai baterai.

Baca Juga: Ini Dia 5 Rekomendasi Aplikasi Editing Foto Kekinian

Matikan Fitur Yang Tidak Dipakai

Beberapa fitur yang diaktifkan bersamaan dapat menyebabkan baterai android cepat habis. Fitur-fitur yang perlu dimatikan antara lain: GPS, Bluetooth, sinkronisasi Facebook, sinkronisasi email, auto-download media, hotspot (tethering), dan always-on display. Dengan mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan, Anda dapat menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakai baterai.

Tutup Aplikasi yang Takterpakai

HP yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk bekerja secara multitasking. Namun, multitasking berarti menjalankan proses di background, yang dapat menyebabkan CPU bekerja lebih keras sehingga menggunakan lebih banyak daya dari baterai. Untuk menghemat daya baterai, tutup dan stop aplikasi yang tidak berguna dari proses background.

Selain menguras baterai, aplikasi yang berjalan di background juga dapat menyebabkan HP menjadi panas. Beberapa aplikasi populer yang “berbahaya” untuk baterai adalah LINE, Facebook, dan Instagram. Dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan, Anda dapat menghemat daya baterai dan mencegah HP menjadi panas.

Atur Screen Timeout

Atur screen time out untuk mengatur waktu layar HP yang nyala. Layar yang nyala terlalu lama dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Matikan Wi-Fi

Matikan WiFi saat tidak digunakan. WiFi dapat membantu saat tidak memiliki kuota, tetapi juga dapat menyebabkan baterai android cepat panas akibat aplikasi yang berjalan di background.

Atasi Virus

Atasi virus yang mungkin ada di perangkat Anda. Virus dapat menggunakan banyak daya baterai karena mereka adalah program yang menggunakan memori dan CPU. Virus dapat masuk ke perangkat Anda dari berbagai sumber, seperti situs-situs aneh dan iklan yang diklik. Pastikan untuk menginstal anti-virus yang terpercaya untuk mencegah virus masuk ke perangkat Anda.

Baca Juga: Ini Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk SmartPhone

Aktifkan mode penghemat baterai

Mode power-saving, battery saver, atau mode penghemat baterai lainnya adalah fitur yang berguna untuk memperpanjang masa pakai baterai HP. Dalam beberapa kasus, fitur ini akan mematikan fitur atau proses di latar belakang, tetapi masih memastikan bahwa HP Anda dapat menerima notifikasi pesan atau melakukan panggilan. Jika Anda ingin menghemat daya baterai, Anda dapat mencoba menggunakan mode penghemat baterai. Pastikan untuk mengatur fitur-fitur yang ingin Anda matikan agar tetap bisa menerima notifikasi yang penting.

Ganti baterai HP

Salah satu cara paling jitu untuk mengatasi permasalahan baterai yang cepat habis adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru. Pastikan baterai penggantinya merupakan baterai original bukan KW atau abal-abal. Jika cara ini ternyata tidak efektif, maka Anda juga bisa memilih untuk mengganti HP dengan yang punya kapasitas baterai yang lebih besar, seperti 4,000mAh ke atas, untuk daya tahan baterai yang lebih awet dan terjamin.

Demikian 10 cara mudah untuk mengatasi permasalahan baterai HP yang cepat habis. Semoga bermanfaat!