Apa Itu Metaverse

Apa Itu Metaverse ? Penjelasan serta Contohnya

Apa itu Metaverse – Mungkin Kamu sering mendengan istilah Metaverse akhir-akhir ini. Ya itu karena Metaverse saat ini sedang sedang populer hampir disemua kalangan. Tidak hanya pegiat teknologi saja, pegiat ekonomi dan bisnis pun ramai memperbincangkan terobosan teknologi ini.

Pasalnya popularitas metaverse ini sangat melejit setelah Mark Zuckerberg (CEO Facebook) mengumumkan adanya perubahan nama pada perusahaannya menjadi Meta Platforms, Inc, atau singkatnya Meta.

Baca Juga : Apa Sebenarnya NFT itu ?

Metaverse pun sejatinya masih belum bisa dijelaskan secara mendalam. Sebab, hal ini masih dianggap sebagai sebuah konsep. Lalu, apa itu metaverse? Di artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan tentang metaverse dan apa saja yang dapat di lakukan disana.

Apa Itu Metaverse?

Meskipun baru terkenal belum lama ini, metaverse sejatinya merupakan suatu sebutan yang telah lama diciptakan.

Dia awal kali digunakan pada tahun 1992 oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang berjudul“ Snow Crash”.

Menurut CNBC, sebutan tersebut merujuk pada dunia virtual berbasis 3D yang ditempati oleh avatar dari pengguna sungguhan.

Walaupun demikian, arti dari sebutan tersebut belum dapat didefinisikan secara umum.

Karena, seperti yang telah di paparkan, sejauh ini metaverse masih dalam wujud konsep.

Mengutip dari Times, apabila mau didefinisikan, anggap saja metaverse sebagai dunia internet yang dihadirkan dalam wujud 3D serta virtual.

Selaku CEO Meta, Mark Zuckerberg sendiri menggambarkan metaverse selaku dunia virtual yang dapat dimasuki oleh penggunanya.

Jadi, alih- alih cuma memandang layar, kalian yang memakai metaverse dapat merasakan kehidupan di Meta dengan“ masuk” ke dalam lingkungannya.

Bila dipersingkat, metaverse ialah komunitas virtual yang sama- sama tersambung serta tidak mempunyai ujung.

Di dalamnya, pengguna bisa bekerja, bersosialisasi, belanja, sampai bermain dengan memakai teknologi khusus.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Cloud Computing ?

Sebagian teknologi ini mencakup headset virtual reality, kacamata augmented reality, dan aplikasi khusus dari smartphone serta ataupun fitur yang lain.

Gambaran simpel yang diungkapkan oleh Zuckerberg tentang metaverse merupakan seperangkat ruang virtual, tempat pengguna dapat membuat serta menjelajahi dunia dengan pengguna internet yang lain.

Pengguna juga tidak butuh terletak pada ruang fisik yang sama dengan orang lain. Mereka cuma butuh“ masuk” ke dunia metaverse.

Apa Saja yang bisa dicoba di Metaverse

Berikut sebagian aktivitas yang dapat dicoba dengan metaverse yang ialah manfaat/ keuntungan sendiri dari kehadiran metaverse.

1. Konser virtual

Sejak terdapatnya ketentuan menjaga jarak serta berkerumun di tempat umum sebab pandemi. Tren konser virtual juga jadi ladang bisnis baru buat para pekerja seni paling utama penyanyi, musisi serta para idol tim.

Konser virtual senantiasa dapat membagikan keseruan seperti menyaksikan konser musik secara eksklusif. Walaupun tidak terdapat keramaian semacam menyaksikan konser musik semacam tadinya. Tetapi nyatanya peminat dari tren baru ini lumayan banyak. Sehingga tren konser virtual juga jadi hal yang wajar saat ini.

2. Space/ ruang digital buat bekerja

Work from home( bekerja dari rumah) serta remote work( bekerja dari mana saja) dikala ini telah jadi hal yang wajar untuk dicoba oleh banyak industri. Terutama masa pandemi seperti disaat ini.

Bekerja di ruang yang disediakan oleh metaverse, kalian tidak cuma dapat memandang rekan kerja serta atasan semacam aplikasi meeting online, karyawan dapat langsung bergabung bersama di kantor virtual metaverse.

Facebook sendiri malahan sudah meluncurkan aplikasi meeting buat metaverse yang diucap dengan Horizon Workrooms. Sehingga pengalaman seolah bekerja di satu ruangan bersama karyawan yang lain dapat dialami kembali.

3. Museum ataupun pameran virtual

Sulitnya bisnis museum ataupun pameran baik itu seni, teknologi serta yang lain di masa pandemi semacam ini nyatanya dapat dipermudah dengan terdapatnya metaverse. Orang- orang saat ini tidak butuh lagi mengantri ataupun mengenai museum ataupun tempat pameran secara langsung buat menikmati bermacam hal yang terdapat didalamnya.

Museum serta pameran virtual di metaverse dapat senantiasa memberikan pengalaman seolah kalian mendatangi tempat tersebut secara langsung. Lengkap dengan data beberapa barang yang dipajang beserta pemandunya.

Baca Juga : Step By Step Memulai Membuat Skripsi

4. Belanja

Metaverse selanjutnya juga bakal jadi tempat berbelanja secara virtual. Berbeda dengan berbelanja secara online di e- commerce ataupun platform belanja online yang lain. Dengan metaverse, wisatawan ataupun calon pembeli dapat memandang benda/ objek yang hendak dibeli seolah benda tersebut terdapat didepan mata.

Dengan metaverse pembeli dapat memandang angle dari objek 180 derajat. Tidak hanya itu, pembeli pula dapat memakai token digital khusus di sistem metaverse selaku alat pembayaran.

5. Bermain game

Hal selanjutnya yang dapat dicoba di ruang metaverse merupakan bermain games. Bukan bermain permainan semacam di hp, ps, xbox serta komputer. Bermain permainan di metaverse kalian dapat merasakan pengalaman yang lebih nyata.

Kalian bakal merasa betul- betul terletak di dalam ruang ukuran permainan pada metaverse tersebut. Serta umumnya tipe permainan yang dapat dimainkan dengan metaverse merupakan tipe permainan yang juga memerlukan gerakan fisik yang lebih aktif lagi.

Tidak cuma duduk, kalian pula dapat berjalan, lompat serta mengalahkan lawan dengan sebagian gerakan langsung. Tidak cuma terbatas pada joystick ataupun tablet saja.

Tetapi, untuk dapat merasakan pengalaman yang optimal dengan aktivitas diatas. Pengguna wajib memakai perlengkapan yang menunjang teknologi AR( Augmented Reality) serta VR( Virtual Reality).