Memahami Metode Penelitian Kuantitatif

metode penelitian kuantitatif

Penelitian merupakan salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan dan menguji hipotesis. Dalam melakukan penelitian, terdapat berbagai metode yang dapat digunakan, salah satunya adalah metode penelitian kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data yang dapat diukur secara numerik dan dianalisis dengan menggunakan statistik. Penelitian kuantitatif sangat cocok digunakan untuk menguji hipotesis yang bersifat objektif, seperti dalam bidang ilmu sosial dan ekonomi.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan Penelitian

Menurut data dari Indonesian Journal of Social Science and Humanities Research (IJSSHR), sekitar 60% penelitian yang dilakukan di Indonesia menggunakan metode kuantitatif. Namun, perlu diingat bahwa metode ini tidak dapat digunakan untuk mengungkap fenomena yang bersifat subjektif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai desain penelitian kuantitatif, analisis data kuantitatif, dan instrumen penelitian kuantitatif yang perlu diperhatikan dalam melakukan penelitian kuantitatif.

Apa itu Metode Penelitian Kuantitatif?

Metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dapat diukur secara numerik dan dianalisis dengan menggunakan statistik. Metode ini bertujuan untuk menemukan pola atau hubungan antara variabel-variabel yang diuji dalam penelitian. Metode penelitian kuantitatif sangat cocok digunakan dalam penelitian-penelitian yang bersifat objektif, terutama dalam bidang-bidang seperti ekonomi, bisnis, sains, dan teknologi.

Baca Juga:  Apa Itu Eksploratif dan Deskriptif? Ini Jawabannya!

Desain Penelitian Kuantitatif

Desain penelitian kuantitatif dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah desain eksperimen, desain quasi eksperimen, dan desain korelasional. Desain eksperimen adalah desain yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan cara mengontrol variabel bebas dan membandingkan hasil dari kelompok yang diberi perlakuan dengan kelompok yang tidak diberi perlakuan. Desain quasi eksperimen digunakan untuk menguji hipotesis tanpa mengontrol variabel bebas secara tepat, sedangkan desain korelasional digunakan untuk menemukan hubungan antara dua atau lebih variabel.

Baca Juga: Apa itu Pendekatan Penelitian ?

Analisis Data Kuantitatif

Setelah data dikumpulkan, selanjutnya adalah melakukan analisis data. Analisis data kuantitatif dapat dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan data yang telah dikumpulkan, seperti mean, median, modus, dan standar deviasi. Sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menarik kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan, seperti uji t, uji chi-square, dan analisis regresi.

Instrumen Penelitian Kuantitatif

Instrumen penelitian kuantitatif adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data, seperti kuesioner, skala pengukuran, dan observasi. Kuesioner adalah alat yang digunakan untuk mengumpan data secara langsung dari responden, sedangkan skala pengukuran digunakan untuk mengukur tingkat suatu konsep atau variabel. Observasi adalah metode pengumpulan data dengan cara memperhatikan dan mencatat perilaku atau kejadian yang terjadi.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Dengan Penelitian

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Statistik dan Statistika !

Dalam melakukan penelitian, metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu pilihan yang efektif untuk mengumpulkan data yang dapat diukur secara numerik dan dianalisis dengan menggunakan statistik. Desain penelitian kuantitatif, analisis data kuantitatif, dan instrumen penelitian kuantitatif merupakan bagian penting dari metode ini yang perlu diperhatikan dalam melakukan penelitian. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya cocok untuk penelitian yang bersifat objektif dan tidak dapat digunakan untuk mengungkap fenomena yang bersifat subjektif.

Source:

  • “Indonesian Journal of Social Science and Humanities Research” (IJSSHR)
  • “Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners” by Ranjit Kumar.
  • “Quantitative Research in the Social Sciences: An Introduction” by Paul C. Price, Rajiv Jhangiani, and I-Chant A. Chiang.
Konten menarik lain:​
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments