Bedanya Kualitatif dan Kuantitatif

Apa sih Bedanya Kualitatif dan Kuantitatif ?

Metodologi dalam penelitian ilmiah dibagi menjadi dua jenis yakni penelitian kualitatif dan kuantitatif. Tapi kalian tahu gak, kalau penelitian kualitatif dan kuantitatif itu berbeda, lho. Lalu apa bedanya kualitatif dan kuantitatif ?

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Contohnya!

Menurut Prof. Dr. Sugiyono dalam bukunya Metode Penelitian mengatakan bahwa penelitian kualitatif dan kuantitatif sudah berbeda dari segi desain penelitian. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini bedanya kualitatif dan kuantitatif.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Desain Penelitian

Dilihat dari desain penelitiannya, penelitian kualitatif memiliki sidat umum, fleksibel, dan dinamis. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif memiliki sifat yang khusus, terinci dan statis. Selain itu alur dari penelitian kuantitatif itu sendiri sudah direncanakan sejak awal dan tidak dapat diubah lagi.

Analisis Data

Data penelitian kualitatif dapat dianalisis selama proses penelitian berlangsung. Sedangkan data penelitian kuantitatif dapat dianalisis pada tahap akhir sebelum laporan.

Istilah Subjek Penelitian

Dalam penelitian kualitatif istilah subjek penelitian yang biasa disebut dengan narasumber. Dan untuk penelitian kuantitatif istilah subjek penelitian yang biasa disebut dengan responden.

Memandang Fakta

Dalam memandang sebuah fakta atau kebenaran, penelitian kuantitatif berada pada objek penelitian di luar sana dan peneliti harus netral dan tidak memihak. Berbeda dengan penelitian kualitatif yang memandang sebuah fakta atau kebenaran tergantung dari cara peneliti menginterpretasikan data. Hal tersebut dikarenakan ada hal-hal kompleks yang tidak hanya sekedar dijelaskan oleh angka, seperti perasaan manusia.

Baca Juga : Apa itu Internship ? Dan Apa Manfaatnya ?

Pengumpulan Data

Dalam pengumpulan data penelitian kualitatif dan kuantitatif sangatlah berbeda. Pada penelitian kuantitatif pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan serangkaian instrumen penelitian berupa tes/kuesioner. Sedangkan penelitian kualitatif pengumpulan datanya lebih berfokus pada sesuatu yang tidak bisa diukur oleh hitam putih kebenaran, sehingga pada penelitian kualitatif peneliti mengorek data sedalam-dalamnya atas hal-hal tertentu.

Representasi Data

Hasil dari penelitian kuantitatif akan dipresentasikan dalam bentuk hasil penghitungan matematis. Dan hasil penghitungan tersebut dianggap sebagai fakta yang sudah terkonfirmasi. Sedangkan hasil dari penelitian kualitatif akan berupa interpretasi peneliti akan sebuah fenomena, sehingga pada laporan penelitian akan lebih banyak mengandung deskripsi.

Implikasi Hasil Riset

Hasil riset penelitian kualitatif memiliki dampak atau akibat yang terbatas pada situasi tertentu. Sehingga hasil penelitian ini nantinya tidak dapat disimpulkan dalam pengaturan yang berbeda. Sedangkan untuk hasil penelitian kuantitatif berupa fakta ataupun teori yang berlaku secara umum (generalized) yang kapanpun dan dimanapun, fakta itu berlaku.

Macam Metode

Dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif memiliki macam-macam metode yang berbeda. Untuk penelitian kualitatif memiliki metode seperti: eksperimen, survey, korelasi, regresi, analisis jalur, ex post facto. Dan untuk penelitian kualitatif memiliki metode seperti : fenomenologi, etnografi, studi kasus, historis, grounded theory.

Baca Juga : Apa Saja Jenjang Karir Business Analyst ?

Tujuan Penelitian

Dilihat dari tujuan pun kedua metodologi ini juga berbeda. Seperti penelitian kuantitatif yang menjelaskan hubungan antar variabel, menguji teori, melakukan generalisasi fenomena sosial yang diteliti. Sedangkan penelitian kualitatif bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam, mengembangkan teori, mendeskripsikan realitas dan kompleksitas sosial.

Jenis Data

Untuk jenis data penelitian kualitatif dan kuantitatif juga berbeda. Jika penelitian kualitatif berbentuk deskriptif atau menggambarkan fenomena atau fakta penelitian secara apa adanya. Maka penelitian kuantitatif memiliki jenis data yang berbentuk numerik atau sistem angka. Selain itu juga berbentuk statistik yaitu data yang sudah dikelompokkan sehingga dapat memberikan informasi mengenai suatu masalah atau gejala.